Guru Memiliki Peran Yang Mulia dan Strategis

30-11-2016-hari-guruTIOM – Hari Guru Nasional tahun 2016 tingkat kabupaten Lanny Jaya diperingati melalui suatu upacara, Jumat (25/11) kemarin.Sekda Lanny Jaya, ChristianSohilait, ST, M.Si, ketika membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, guru memiliki peran yang mulia dan strategis. Sebabditangan para guru, pamong dan tenaga kependidikan, masa depan bangsa menjadi taruhan.

Tidak adasosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru.Lanjutnya, pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

Hal tersebut diharapkan berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru,dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.Kedepannya perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri.Pada kesempatan tersebut, Sekda mengatakan, khusus di kabupaten Lanny Jaya memiliki guru hampir 1000 orang termasuk guru kontrak.

Dengan jumlah tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menjadikan Lanny Jaya sebagai pemenang pendidikan di wilayah Pegunungan Tengah Papua.Sementara itu, Maruntung Sihombing, guru kontrak yang mengajar di SMAN 1 Makki mengatakan, momen peringatan Hari Guru memiliki arti yang sangat penting, salah satunya agar masyarakat benar – benar memahami jika guru memiliki peran yang strategis.

Selain itu diharapkannya, kesejahteraan guru juga perlu mendapat perhatian, terlebih guru – guru yang bertugas di pedalaman, karena selama ini banyak persoalan yang dihadapi dan pememerintah harus memahami hal tersebut. “Moment hari guru sangat penting. Bidang pendidikan khususnya di daerah tertinggal harus jadiprioritas pemerintah,” ujarnya.

Berkaitan dengan pendistribusian guru diharapkannya, jangan hanya di wilayah perkotaan saja tetapi juga dilakukan di daerah-daerah yang terpencil. Mengenai respon pemerintah menurutnya cukup baik, hanya saja persoalan informasi dan komunikasi antara guru dengan dinas pendidikan yang masih kurang.“

Pemda Lanny Jaya sangat merespon dengan baik dan kami sangat bersyukur bisa mengajar di Lanny Jaya, selama ini yang kurang adalah komunikasi dan informasi kami para guru dengan dinas pendidikan.

Sedangkan kalau masyarakat selama ini responnya sangat baik. Khusus kami yang mengajar di distrik Indawa, masyarakatnya sangat menghargai guru, begitu juga masyarakat Lanny Jaya pada umumnya,” tandasnya. (HUMAS)

Post Comment